Kenapa Teknik Elektro?

Hallo semuanya.. Disini aku bakal share tentang jurusan aku, alasan aku memilih jurusan tersebut dan keunggulan jurusan yang aku pilih ini. Sebelumnya aku mau tanya deh, pada tau gak sih prodi Teknik Elektro? Pasti yang pertama kali terlintas adalah tentang listrik, solder, berhubungan dengan listrik? Yap. Ada benernya juga sih tapi aku bakal jelasin lagi secara umumnya deh. 
  1. Teknik Elektro

    Hasil gambar untuk keunggulan dan alasan memilih teknik elektro"

Teknik elektro selalu identik dengan listrik. Dan hal tersebut tidak salah, di jurusan teknik elektro akan dipelajari banyak hal tentang listrik, mulai dari teori dasar kelistrikan, elektromagnet, mikroprocessor, sinyal listrik hingga teknologi baru kelistrikan seperti biomedika. Teknik Elektro juga bisa dibilang sebagai salah satu bidang teknik yang tertua dan menjadi induk dari banyak bidang lain. Jurusan Teknik Komputer, adalah perpaduan teknik elektro dengan ilmu komputer. Jurusan Teknik Telekomunikasi juga merupakan salah satu bidang dari teknik elektro. Ilmu Elektro atau kelistrikan menjadi basis dari industri manufaktur modern, sehingga peluang kerja dari lulusan jurusan ini juga sangat menjanjikan. Dalam bahasa inggris, jurusan ini dikenal juga sebagai Electrical Engineering.
     
Program Studi (prodi) S1 Teknik Elektro memiliki tiga konsentrasi yaitu teknik elektronika, teknik kendali/sistem kontrol, dan teknik biomedis. Untuk menghasilkan lulusan yang bisa menganalisa permasalahan dalam jurusan tersebut, dan dapat mengajukan solusi keteknikan yang logis baik secara sistemik maupun praktek, mata kuliah yang mendukung metode yang benar dan tepat seperti Kalkulus, Fisika, Paktikum Fisika 1A, Algoritma dan Pemrograman, dan Praktikum Algoritma dan Pemrograman. Teknik elektronika mempelajari tentang komponen elektronika, elektronika analog, elektronika digital, dll. Teknik kendali atau sistem kontrol membahas tentang perancangan kendali perangkat elektrik, robotik, sistem otomatisasi industri, dan lain-lain. Sedangkan teknik biomedis mempelajari tentang perancangan sistem biomedis, pengukuran biomedis, intrumentasi biomedis, dll

      2. Kenapa Teknik Elektro? 

Hasil gambar untuk keunggulan dan alasan memilih teknik elektro"

Alasan Saya memilih Prodi Teknik Elektro awalnya karena Saya menyukai Mata Pelajaran Fisika. Dan saat saya bertanya kepada kedua orang tua, mereka mengarahkan Saya untuk ke jurusan Teknik tapi masih bingung juga karna kan jurusan teknik bukan cuma satu. Akhirnya aku coba kaya buka satu satu jurusan teknik yang cenderung aku suka, dan ketemu deh, Teknik Elektro. Kedua orang tua ku juga kebetulan jurusan teknik dan mereka setuju dengan keinginan aku untuk masuk jurusan ini. Mereka bilang kalau disini juga bisa memadukan antara fisika dan biologi pada teknik biomedis yang terdapat di Teknik Elektro. Kebetulan juga aku emang sangat menyukai Biologi. Setelah membaca dari berbagai sumber dan bertanya ke banyak pihak, aku tau kalau jurusan ini merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Sudah banyak perusahaan yang membutuhkan banyak lulusan dari Teknik Elektro. Hanya saja sampai sekarang Saya masih bingung untuk memilih bidang terapan dari Teknik Elektro hehe.. 

3. Keunggulan Teknik Elektro?

 Hasil gambar untuk keunggulan dan alasan memilih teknik elektro"

Lulusan Teknik Elektro memulai karir dengan cukup mudah karena sebagian besar pengusaha mencari inovasi-inovasi baru dari mereka yang lulus dengan gelar itu. Para pengusaha juga senang mendapatkan orang-orang muda yang dapat mereka bentuk sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka sendiri dan menjadikan mereka ahli professional. Ini juga alasan mengapa insinyur listrik paling dihargai di pasar kerja.
 
Tenaga listrik tidak akan menjadi satu-satunya fokus disini. Menjadi insinyur listrik dan elektro tidak berarti kamu akan bekerja sepanjang hidup dengan menghubungkan dan melepas kabel elektronik. Gelar-gelar Teknik Elektro memiliki keuntungan besar mencakup puluhan spesialisasi, menjadikan bidang ini sangat fleksibel dan menawarkan kamu peluang besar dan banyak, dalam waktu yang singkat.

Beberapa spesialisasi gelar Teknik Elektro yang menarik adalah:
  • Rekayasa Frekuensi Radio
  • Pemrosesan sinyal
  • Mikroelektronika
  • Sistem kontrol
  • Rekayasa Tenaga
  • Telekomunikasi

Comments

Popular posts from this blog

Paris van Java

Why Telkom University?

Perkembangan / Kemajuan Teknologi beserta tips & trik unik