Perkembangan / Kemajuan Teknologi beserta tips & trik unik

 
Hasil gambar untuk perkembangan atau kemajuan teknologi beserta tips dan trik/tutorial/informasi unik yang anda dapatkan" 



Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Kebutuhan manusia akan teknologi juga didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia.
Perkembangan teknologi saat ini merupakan dasar untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan suatu negara didasarkan atas seberapa jauh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh negara tersebut. Hal ini sangat beralasan dikarenakan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dasar dari setiap aspek kehidupan manusia.Beberapa orang beranggapan bahwa kemajuan teknologi yang pada saat ini mempunyai dampak yang negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Seperti terjadinya kerusakan alam hutan yang terjadi karena teknologi pemotongan hutan menggunakan alat berat. Kondisi yang seperti inilah yang menyebabkan orang menganggap kemajuan teknologi memiliki dampak negatif.
Di sisi lain juga, banyak orang yang menganggap teknologi mempunyai peran besar dalam peningkatan kualitas hidup manusia di dunia ini. Untuk itulah teknologi harus tetap diupayakan untuk terus berkembang. Tetapi, secara umum teknologi memang harus terus dikembangkan sebagai upaya untuk terus mencari inovasi sebagai perbaikan kehidupan manusia. Oleh karena itu, tujuan dari teknologi yaitu untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia tanpa merusak lingkungan alam sekitar kita.

Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan :

– Membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan mereka secara lebih baik dan lebih efisien.
– Memotivasi manusia untuk terus berpikir untuk menciptakan perubahan-perubahan dan perbaikan dalam menciptakan teknologi baru.
– Membantu manusia mengenal sejarah dan memprediksi mengenai fenomena yang akan terjadi di masa mendatang. Seperti memprediksi terjadinya gerhana bulan dan matahari, memprediksi peristiwa yang terjadi di tatasurya atau juga memprediksi bencana alam.
Contoh kemajuan teknologi
– Mesin cuci sebagai salah satu contoh kemajuan teknologi masa kini, sehingga manusia lebih efisien untuk mencuci baju ataupun pakaian.
– Social Media salah satu kemajuan teknologi yang cukup fenomenal sebagai sarana komunikasi melalui media online.
– Alat Teknologi pengolahan pangan yang menjadikan manusia lebih efisien memproduksi makanan atau produk yang berhubungan dengan makanan.
– Handphone yang terus menerus mengalami perkembangan sehingga manusia sangat dimudahkan dalam berkomunikasi sejauh apapun jaraknya dan memperoleh informasi secepat dan sebanyak mungkin.

Beberapa Contoh Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

  • Mesin cuci sebagai salah satu contoh kemajuan teknologi masa kini, sehingga manusia lebih efisien untuk mencuci baju ataupun pakaian.
  • Social Media salah satu kemajuan teknologi yang cukup fenomenal sebagai sarana komunikasi melalui media online.
  • Alat Teknologi pengolahan pangan yang menjadikan manusia lebih efisien memproduksi makanan atau produk yang berhubungan dengan makanan.
  • Artificial Intelligence, sebagai salah satu contoh kemajuan teknologi masa kini, sehingga manusia lebih dimanjakan dengan adanya AI ini karena manusia tidak perlu bersusah payah melakukan segala aktivitas baik berat maupun ringan, cukup menekan beberapa tombol dapat menyelesaikan semuanya bahkan peran manusia dapat tergantikan dengan teknologi yang sedang dikembangkan ini. Maka manusia akan dibuat malas oleh teknologi yang satu ini.
  • Handphone, teknologi yang satu ini terus menerus mengalami perkembangan sehingga manusia sangat dimudahkan dalam berkomunikasi sejauh apapun jaraknya dan memperoleh informasi secepat dan sebanyak mungkin. Bahkan teknologi ini sudah digunakan anak balita, dan juga teknologi terlalu instan membuat penggunanya memiliki kecendrungan lebih malas jika sudah dekat dengan handphone.
  • Mobil Otonom, salah satu bagian dari kemajuan Artificial Intelligence, mobil ini berjalan tanpa dikendalikan oleh sopir, cukup memilih destinasi yang dituju pada GPS yang telah disediakan di mobil. Mobil dirancang anti kecelakaan walaupun melaju dengan kecepatan tinggi karena memiliki sensor terhadap rintangan-rintangan dan tanda jalan yang berada di sekitarnya.

Tips dan Trik/Tutorial/Informasi Unik 


  • Nomophobia
 Hasil gambar untuk nomophobia"
Nomophobia merupakan singkatan dari No Mobilephone Phobia, adalah penyimpangan psikologi yang dipengaruhi oleh ketergantungan seseorang terhadap gadget. Penderitanya akan merasakan kecemasan yang berlebihan jika mereka terpisah dari gadget yang mereka miliki. Fenomena nomophobia pertama kali teridentifikasi pada 2008. Hal ini jelas merupakan pengaruh dari kemajuan teknologi. Bahaya dari nomophobia sendiri yaitu penderitanya akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan gadget, sehingga waktu sosial mereka akan tersita. Hal tersebut tentu mengganggu hubungan sosial dan juga waktu produktif penderitanya.
  • Gaming Disorder
 Hasil gambar untuk Gaming Disorder"
Kecanduan bermain game disebut dengan gaming disorder. Gangguan ini memiliki gejala utama, yaitu memprioritaskan bermain game di atas aktivitas lainnya. Biasanya, gangguan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan intensitas sering. Efek negatif yang bisa dialami oleh pecandu game yaitu kesehatan fisik yang terganggu dan juga kehilangan waktu untuk interaksi sosial. Ada beberapa kasus kematian yang disebabkan karena terlalu lama bermain game. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh pembekuan darah, maupun kurang gizi karena sering terlambat makan, dan juga kelelahan. Perlu direnungi, bijak dan cerdas dalam menggunakan teknologi dan media sosial serta tidak berlebihan, akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita. Pengaruh positif maupun negatifnya, semua kembali pada diri kita masing-masing.
  • Anti Sosial (Antisocial Personality Disorder)
 Hasil gambar untuk Anti Sosial (Antisocial Personality Disorder)"
Dalam ilmu kejiwaan, anti sosial disebut juga dengan schizoid, yang mana memiliki pengertian yang luas. Namun, jika dikaitkan dengan pengaruh teknologi dan media sosial, dapat diartikan dengan gangguan kepribadian yang cenderung kepada menghindari hubungan dengan orang lain atau populernya sociopat . Jika seseorang memiliki kecenderungan anti sosial, maka kecanduan terhadap media sosial dapat memperparah kondisi psikologisnya. Si penderita akan lebih sering berinteraksi di dunia maya dan kontak sosial dalam masyarakat akan semakin berkurang. Penderitanya akan lebih nyaman untuk menyendiri. Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan kesulitan dalam interaksi langsung, dan akan mengganggu kehidupan sosial mereka.

Kesimpulannya gunakanlah teknologi dengan bijak dan sebaik mungkin, agar lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. And be yourself in the real world and face the real world we should never avoid.

Comments

Popular posts from this blog

Paris van Java

Why Telkom University?